BOY RAJA P. MARPAUNG, SH & REKAN

Selasa, 19 November 2013

TPL ( Tukang Perusak Lingkungan)








Wajah baru pengganti PT.Inti Indorayon Utama (PT.IIU) merupakan PT. TPL (Toba Pulp Lestari) yang kini masih beroprasi aktif menghasilkan pulp. Saya menyebut TPL = Tukang Perusak Lingkungan. Menjadi refleksi kita ketika PT.IIU yang dulu berhasil di tutup oleh gerakan masyarakat adat batak yang sangat di rugikan oleh perusahaan tersebut, dari tahun 1998 sampai dengan 2003 perusahaan ini tidak beroprasi. Namun pada akhirnya perusahaan ini buka kembali dengan nama baru.
Tidak ada ubahnya, cara kerja dari perusahaan ini malah semakin menjadi. Dampak yang merugikan masyarakat sangatlah terasa, dari kerusakan lingkungan, perampasan tanah, sumber penyakit dan pembabatan hutan adat. Hampir diseluruh sektor penanaman hutan ecalyptus (bahan baku) perusahaan terjadi konflik tanah antara perusahaan dengan masyarakat adat. 
Belum lagi dana toba yang benar-benar sangat tercemar karena pembuangan limbah dari pabrik ini langsung ke sungai asahan dan tak ubahnya udara yang selalu membau dan membawa wabah gatal-gatal pada kulit.
Rusak sudah tanah batak akibat dari perusahaan ini, pembabatan hutan adat telah berlangsung di beberapa wilayah di Sumatera Utara di daerah sektor penanaman ecalytus tersebut, seperti di Dolok Nauli, Tele, Pak-pak Barat, Lintong Nihuta, Pandumaan Sipitu huta, Tapanuli Selatan, dan Sipahutar. Tidak main pula, ratusan ribu Ha hutan adat maupun hutan lindung yang di klaim menjadi Hutan produksi menjadi sasaran empuk. Sekarang akan tambah lagi lahan konsesi yang akan di gunakan Tukang Perusak Lingkungan ini, dan yang pasti TANAH BATAK TERANCAM, dan jikan tanah batak terancam, maka budaya dan kehidupan masyarakat adat dan Sumatera Utara juga terancam. Tutup! Tukang Perusak Lingkungan.
Share:

2 komentar:

  1. Masyarakat sekitar pun terlena dengan sejuknya pohon eucalyptus itu...hehehe

    BalasHapus
  2. sejuknya sogokan yang meracuni otaknya satu2...hahahaha

    BalasHapus

BTemplates.com

Generasi Padi

Generasi Padi
Nassau

Total Tayangan Halaman

Rumah Kami

Rumah Kami
Porsea
@barunkbijiapikatamata. Diberdayakan oleh Blogger.

Mata yang Berbicara

Mata yang Berbicara
Canon 600D

Daftar Blog Saya

Translate

Pengikut

Labels